Demo Buruh Pabrik Foxconn

Demo Buruh Pabrik Foxconn 



Dari sabang sampai Marauke..

Dari China sampe Usa..


Klo namanya kesewenang-wenangan terhadap buruh ya harus di lawan..




Pabrik Foxconn Rusuh, Puluhan Orang Terluka

Santi Dwi Jayanti - detikinet
Kerusuhan di Foxconn (clevelandleader) Taiyuan - Kerusuhan dilaporkan terjadi di salah satu pabrik Foxconn yang berlokasi di China. Aksi ini menyebabkan korban berjatuhan dan berujung pada penutupan pabrik.

Sumber : http://inet.detik.com/read/2012/09/24/121032/2032168/398/pabrik-foxconn-rusuh-puluhan-orang-terluka?i991102105

Belum diketahui pasti penyebab kerusuhan ini namun situs Engadget memberitakan bahwa huru hara dipicu aksi petugas keamanan Foxconn yang memukul salah satu pekerja pada hari Minggu waktu setempat.

Adapun rekam jejak kerusuhan besar yang melibatkan pekerja dan polisi tersebut sudah menyebar di situs Weibo, yang dikenal sebagai 'Twitter ala China'. Namun penyensoran di China mulai dilakukan untuk menghapus foto-foto yang diambil dari lokasi kejadian.

Pabrik yang ada di Taiyuan mempekerjakan sebanyak 79.000 pekerja. Foxconn sendiri adalah manufaktur elektronik dari Taiwan yang dikenal memproduksi komponen-komponen elektronik, termasuk casing belakang iPhone 5.

Atas kondisi kerja yang keras dan banyaknya aksi bunuh diri yang dilakukan pekerjanya, Foxconn mendapat sorotan tajam dari berbagai pihak selama beberapa tahun ini. Perbaikan kondisi kerja yang dilakukan perusahaan pun tak mengurangi pemberitaan negatif yang muncul.


Dikutip dari Reuters, Senin (24/9/2012), 40 orang terluka akibat kejadian ini dan petugas keamanan telah melakukan penahanan pada sejumlah orang.

Atas kejadian itu, Foxconn Texhnology Group menutup pabrik yang berlokasi di Taiyuan tersebut dua sampai tiga hari terkait investigasi yang dilakukan pihak berwenang.

0 comments:

Post a Comment