Mengalirnya dukungan pada pasangan calon independen Obon Tabroni - Bambang Sumaryono (Obama) dianggap merupakan bukti adanya keinginan besar masyarakat untuk perubahan Kabupaten Bekasi.

Menurut Bang Obon, saat ini memang banyak masyarakat, dari anak muda, orang tua, komunitas, ibu-ibu, kakek-kakek yang menyatakan dukungan pada Obama.

 "Pertama tentu saya ingin mengucapkan terima kasih atas kepercayaan ini. Semoga harapan dan cita-cita kita bersama tentang Kabupaten Bekasi besar terwujud," katanya.

Kedua, lanjut Bang Obon, munculnya banyak dukungan ini bisa dilihat sebagai indikasi bahwa masyarakat Bekasi ingin perubahan. "Masyarakat sudah capek dengan kondisi Bekasi sekarang. Mereka mau ada perbaikan Bekasi," ujar aktivis buruh ini.

Bang Obon menerangkan, rata-rata dari masyarakat pendukungnya mengeluhkan masalah sulitnya lapangan kerja, sulitnya akses kesehatan, macet yang tak pernah ada solusi, dan banjir.



 "Ketiga, saya melihat ini sebagai munculnya kesadaran politik baru. Dimana, mereka mau mendukung calon tanpa iming-iming uang. Mereka sepenuhnya bergerak karena memiliki visi dan cita-cita yang sama tentang Kabupaten Bekasi. Ini kemajuan penting bagi demokrasi kita," terang pria kelahiran Pebayuran ini.

Ia juga melihat gerakan relawan sekarang sudah semakin massif. "Mereka berusaha berpartisipasi sesuai dengan kemampuan masing-masing. Ada yang bisa nulis ya nulis. Ada yang bisa meluangkan waktu keliling sosialisasi, mereka terus keliling. Ada yang ngurus administrasi. Ada yang berkontribusi melalui desain. Malah ada juga yang bikin film dokumentasi relawan. Banyak lah. Intinya mereka semua bekerja karena didasari tujuan yang sama, yaitu perbaikan di Kabupaten Bekasi," tutur Bang Obon

 Ia pun bertekad, sistem pertisipasi yang dimunculkan relawan akan terus dijalankan jika ia terpilih nanti. "Mayarakat harus diberi ruang untuk terlibat menentukan dan memberi masukan, termasuk pengawasan kebijakan pemerintah. Sehingga kebijakan dan program bisa sesuai dengan kehendak masyarakat dan bisa selalu diawasi," pungkasnya.


- See more at: http://obonbambang.com/media/read/29/Bang%20Obon:%20Masyarakat%20Bekasi%20Ingin%20Perubahan#sthash.7utiQvVh.dpuf

0 comments:

Post a Comment